Wednesday 20 June 2012

Menteri BUMN borong MobNas Listrik

    Menteri BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) bapak Fahlan Iskan, mengatakan bahwa berkeinginan untuk memborong Mobil Nasional tenaga Listrik. Prototype dari mobil ini kemungkinan akan diluncurkan pada 10 agustus 2012 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Empat varian mobil listrik yang akan diproduksi yaitu, kendaraan sekelas Suzuki Carry, Toyota Avanza, Honda Jazz, dan kelas premium Ferrari. 
    "Semua itu sebelum 17 Agustus sudah ada. Karena pada tanggal 10 Agustus Hari Teknologi Nasional, kita pamerkan dan test drive," kata Dahlan di Bogor, beberapa waktu lalu. dan  menurut sumber yang ada bahwa Dahlan Iskan berencana membeli ke empat jenis mobil tersebut masing - masing satu buah, karena dia merasa optimis jika masa depan mobil listrik nasional ini akan maju dan menjanjikan.
    Selain negara diuntungkan karena mobil ini irit bahan bakar minyak (BBM), harga dari mobil ini juga dikategorikan murah, karena dikedepannya pasti ada temuan yang lebih baru dan lebih canggih lagi.
    Untuk harga-harga mobil listrik tersebut, yang termurah adalah yang sekelas Carry dengan harga di bawah Rp. 100 juta, kemudian yang sekelas Toyota Avanza dibanderol Rp. 200 juta. Sedangkan yang sekelas Honda Jazz berkisar di harga Rp 300 juta, hingga yang paling mahal sekelas Ferrari dengan harga antara Rp. 1,4 - Rp. 1,8 miliar on the road Jakarta.
    Dia mengatakan, harga mobil listrik ini tergolong mahal karena masih dalam bentuk penelitian. "Ini harganya mahal karena masih riset," katanya.
    Jika tidak ada kendala yang sulit, Indonesia segera memproduksi secara massal mobil listrik nasional pada April 2013, dengan jumlah produksi awal sebanyak 10.000 unit. (kpl/bun)